Cara Ternak Ikan Koi

Cara Ternak Ikan Koi

Ikan koi datang dari negara Jepang. Di negara Jepang sendiri ikan koi jadikan lambang pertemanan serta cinta. Diluar itu ikan koi diakui menjadi pembawa hoki oleh beberapa penduduk disana. Tetapi pada umumnya ikan koi digunakan menjadi ikan hias untuk percantik rumah. Tahukah Anda jika ikan koi adalah saudara dekat dari ikan mas atau karper?

Tidaklah heran bila di negara yang akrab dengan panggilan matahari keluar itu ikan koi dimaksud pula ikan karper bersulam emas. Disebutkan demikian karena corak di badan ikan koi yang beragam macam serta indah. Semula ikan koi tampil di Indonesia ialah seputar tahun 60-an. Dahulunya ikan koi dibawa oleh pemimpin China menjadi hadiah pada Presiden pertama di negara ini yakni Presiden Soekarno. Setelah itu oleh Presiden Soekarno ikan koi itu dikasihkan pada peternak ikan yang ada di daerah Batu, Malang. Dari sinilah ternak ikan koi mulai menebar di Indonesia.

jual ikan koi jakarta

Pada tahun 60-an kualitas ternak ikan koi di negara ini masih tetap kurang baik, bahkan juga disebutkan begitu jauh dari kualitas super. Namun, seiring waktu berjalan serta perubahan zaman, dan di dukung dengan pengalaman serta info yang ada jadi kualitas ternak ikan koi lokal sekarang mempu berkompetisi dengan ikan koi kualitas impor. Diluar itu dengan adanya banyak lomba – lomba kecantikan serta keindahan yang diselenggarakan oleh beberapa penggemar ikan koi, jelas ini bisa meningkatkan nilai jual ikan koi dimata mata penduduk umum.

Ternak ikan koi sesunggunya relatif gampang. Anda cukuplah mencari indukan yang mempunyai corak serta warna yang bagus untuk budidaya ikan koi. Setelah itu pemijahan serta penyortiran untuk anakan ikan koi yang telah wajar untuk di jual.

Penentuan Indukan Ternak Ikan Koi

Penentuan indukan adalah perihal yang penting dalam ternak ikan koi. Jika Anda mempunyai indukan yang bagus dan di dukung dengan perawatan serta pakan yang baik, jadi 90% keturunannya akan bagus juga. Untuk memperoleh indukan ikan koi yang bagus atau berkualitas untuk budidaya ikan koi, Anda bisa beli atau bekerja bersama dengan peternak ikan koi yang lain.

Usia ikan koi yang baik menjadi indukan ialah usia 3 tahun untuk koi betina serta 2 tahun untuk koi jantan. Pilih indukan dengan fisik yang baik ataukah tidak cacat, gerakan lincah, warnanya cerah, dan sudah masak menjadi indukan. Tetapi, tidak selamanya dengan indukan yang baik bisa membuahkan anakan yang juga bagus. Yang penting dalam ternak ikan koki ialah indukan mempunyai karakter – karakter dari ikan koi favorit.

Proses Pemijahan Ternak Ikan Koi

Dalam ternak ikan koi sebelum pemijahan dikerjakan semestinya membersihkan kolam terlebih dulu serta biarlah kolam terserang cahaya matahari sampai betul-betul kering. Isi kolam dengan air seperlunya lalu diendapkan terlebih dulu saat satu hari. Masukan ijuk dalam kolam, ijuk ini berperan menjadi alat tempat ikan koi menyimpan telurnya.

Kolam Ternak Ikan Koi

Ada 3 jenis kolam ikan koi yang harus disiapkan dalam ternak ikan koi salah satunya seperti berikut:

Kolam pemijahan untuk ternak ikan koi dibikin dengan ukuran 4 m2, kedalaman 0.5 m dan diperlengkapi dengan aliran untuk perputaran air kolam. Pilih tempat atau tempat pembuatan kolam ikan koi dengan kecukupan cahaya matahari dan jauh dari keramaian. Proses pemijahan semestinya dikerjakan dilakukan pada sore hari. Masukan indukan betina dalam kolam terlebih dulu serta 3 jam lalu baru indukan jantan dimasukan ke kolam pemijahan. Ini mempunyai tujuan agar betina menyesuaikan lebih dulu dengan lingkungan kolam.

Kolam penetasan telur serta perawatan dalam ternak ikan koi dibikin jadi satu kolam dengan ukuran 2 – 3 m2. Biasanya pemijahan dikerjakan saat malam hari. Esok harinya, pindahkan ke-2 indukan ke kolam ikan koi lainnya. Ini untuk hindari indukan mengonsumsi telurnya sendiri. Upayakan telur yang melekat pada ijuk masih terendam air. Anda bisa memakai pemberat agar ijuk-ijuk itu masih terendam air. Sesudah 48 jam semenjak pemijahan telur akan menetas, biarlah benih benih itu sampai 5 hari baru dikasihkan pakan. Dianjurkan Anda memberi pakan berbentuk kutu air yang memiliki ukuran kecil. Jika burayak (anak ikan yang masih tetap begitu kecil) sudah memiliki ukuran 1 cm, Anda bisa memberi pakan berbentuk kutu atau udang artemia. Bila burayak sudah memiliki ukuran 1,5 cm Anda bisa memberikan cacing sutera sampai berusia 21 hari.

Saat burayak sudah masuk umur 21 hari, semestinya benih ikan dipindahkan ke kolam pendederan sampai berusia tiga bulan. Kolam pendederan dibikin dengan ukuran 3 m2. Kemampuan kolam ikan koi pendederan yakni 200 sampai 300 ekor benih ikan koi. Pada step pendederan Anda bisa memberi pakan berbentuk pelet dengan intensitas 2x satu hari. Ukuran pakan ialah ¼ sampai ½ ons sampai benih koi itu kenyang. Beri udang atau cacing 2 – 3 hari sekali. Ini bermanfaat untuk percepat pembentukan warna serta corak pada badan ikan koi.

Sesudah koi berusia 3 bulan, Anda bisa menyortirnya sesuai kualitas warna serta besarnya tubuh koi. Dari mulai sini Anda telah bisa lihat manakah ikan dengan nilai jual tinggi serta rendah.

 

Leave a Reply