Tips Merawat Ikan Koi Buat Pemula

Tips Merawat Ikan Koi Buat Pemula

Bila Anda ingin tahu bagaimanakah cara menjaga ikan koi, atau baru merencanakan pelihara ikan ini, coba lihat beberapa 4 perihal penting di bawah ini:

jual ikan koi jakarta
1. Kolam Pemeliharaan

Koi ialah ikan yang umum dijaga di kolam. Bisa jadi Anda menjaga ikan ini di aquarium, tapi Anda tidak dapat lihat keindahan koi bila disaksikan dari samping.

Jika dari kolam, Anda dapat melihat sisi atas badan ikan ini, disitulah letak keindahannya.

Pilihan tidak hanya di kolam dengan memakai kolam terpal. Mungkin ini ialah langkah yang lebih singkat, jadi Anda tidak butuh repot membuat kolam. Serta tidak butuh mengonsumsi cost banyak tentunya.

Untuk ukuran kolam, semakin besar lebih baik tentu saja. Bikinlah kolam tidaklah terlalu cetek. Setelah itu bikinlah ruang spesial di samping kolam (chamber) yang fungsinya untuk menyaring air, dapat 3 atau 4 sekat ruangan. Semasing ruang itu berisi alat filtrasi dengan terpisah.

Kolam sendiri semestinya tidak langsung terkena cahaya matahari. Sebab jika langsung terserang cahaya, kolam akan gampang berlumut.

Langkah menangani kolam supaya tidak gampang berlumut dengan memakai lampu ultraviolet (UV).

Semestinya ikan yang baru Anda beli tidak langsung masuk ke kolam dikombinasi bersama dengan ikan lainnya. Ini untuk hindari penyebaran penyakit dari ikan baru.

Sekalinya ikan baru steril, tetapi sekurang-kurangnya butuh dikerjakan langkah preventif untuk berjaga-jaga.

Diluar itu, mengkarantina ikan pun mempunyai tujuan supaya ikan yang baru menyesuaikan dengan situasi air kolam.

2. Kualitas Air

Dalam menjaga ikan koi, kualitas air tidak dapat diacuhkan demikian saja. Pikirkanlah, ikan itu makhluk yang hidup di air, automatis sumber kehidupan mereka mesti kita nomer gabungkan.

Situasi air yang tidak bagus itu misalkan hawa yang penuh polusi buat manusia.

Bila situasi air buruk, jadi janganlah bingung jika ikan koi gampang diserang berbagai penyakit. Lebih jika Anda menjaga ikan koi impor, Anda tidak dapat kompromi masalah kualitas air.

Mereka lebih rawan pada penyakit dibanding koi lokal. Ini sebab mereka tidak terlatih dengan situasi air di Indonesia, lainnya perihal dengan koi lokal yang sudah lahir serta di besarkan dengan situasi air lokal.

Untuk mendukung kualitas air, jadi diperlukan obat-obatan spesial yang berperan menjadi anti bakteri buat ikan.

Yang sangat umum ialah memakai garam kasar. Garam sendiri diakui dapat membunuh beberapa jenis bakteri serta parasit yang merugikan buat ikan koi.

3. Makanan Ikan Koi

Makanan yang berprotein tinggi begitu bagus untuk ikan koi. Untuk makanan penambahan, dianjurkan memakai wheat germ serta spirulina.

Semasing makanan itu miliki faedah tertentu buat ikan koi. Seperti makanan tinggi protein bagus untuk perkembangan ikan.

Spirulina diakui bisa tingkatkan kecerahan warna, di mana makin cerah warna ikan koi, jadi makin bagus mutunya serta makin mahal juga harga nya.

Wheat germ bagus untuk bodi ikan supaya lebih ramping serta seimbang (seperti torpedo). Ada pula yang memiliki pendapat jika wheat germ bagus untuk meningkatkan warna putih pada ikan koi.

Umumnya pellet untuk ikan koi dibikin dengan detil. Ada yang spesial spirulina, wheat germ serta high protein. Jadi biasanya beberapa hobbyst akan beli ke-3 type pellet itu untuk kesetimbangan diet ikan.
Langkah memberikan pakan ikan Koi yang benar

Dalam pemberian pakan, ikan koi tidak bisa sering dikasih makan. Ini sebab kotorannya kelak akan mencemarkan air.

Serta jika pakan tidak habis, pelet akan larut di air. Ini juga tidak bagus buat kualitas air.

Memang masa-masa memberikan makan ikan ialah waktu yang sangat dinanti-nantikan. Namun bijaksanalah dalam memberikan makan. Mungkin 2-3 kali satu hari cukuplah, tentu saja dengan bagian seperlunya serta tidak tinggalkan bekas makanan.

4. Perlengkapan Simpatisan

Perlengkapan simpatisan seperti skema filtrasi, head pump, heater atau obat-obatan pun tidak kalah penting dalam menjaga ikan koi.

Tetapi yang sangat harus ialah head pump untuk memompa serta mensirkulasikan air dan alat filtrasi untuk mengawasi kualitas air.

Umumnya dalam kolam koi, air sesudah melalui filtrasi akan diangkat oleh head pump ke air terjun bikinan. Ini dengan maksud menjadi nilai estetika juga arus dan oksigen yang lebih baik.

Alat filtrasi untuk kolam koi dapat berbagai macam. Yang sangat umum ialah bio ball, jap mat dan busa kapas. Umumnya tiap-tiap penghobi miliki racikan filtrasi semasing, berdasar pada keilmuan serta pengalaman mereka.

Obat-obatan penambahan sebagai simpatisan seperti bakteri pemakan kotoran ikan, anti jamur dan garam kasar.

Untuk perlengkapan penambahan seperti aerator mungkin diperlukan untuk dead spot (tempat yang kurang arus / oksigen).

Pada musim dingin, heater (pemanas) mungkin diperlukan untuk tingkatkan suhu air. Ikan yang tengah dikarantina sebab sakit pun perlu heater untuk membunuh kuman-kuman.

Leave a Reply