Macam – Macam Penyakit Ikan Koi

Macam – Macam Penyakit Ikan Koi

1. Penyakit white spot pada ikan koi

Penyakit ini diikuti dengan munculnya bintik putih pada permukaan sisik ikan koi.

Walau sebelumnya, bintik putih ini cuma muncul dibagian permukaan, tapi bila dilewatkan, jadi lama kelamaan akan menyerang sisi lebih dalam, seperti insang, sirip, serta anggota badan yang lain.

Umumnya penyakit bintik putih ini menyerang ikan koi yang dipelihari di aquarium.

Kuman pemicu penyakit white spot ialah protuzoa Ichchyophthirius multifilis. Memang tidak tampak mata, bakteri ini memiliki ukuran kecil. Tapi bila banyaknya banyak serta bergabung pada sebuah titik, jadi kuman ini akan tampak menjadi bintik-bintik putih.

Ukuran protozoa ini demikian kecil, 1 protozoa cuma mempunyai diameter 0,7 mm dengan bentuk mirip telur.

Ikan koi yang terserang penyakit ini terlihat seperti terutup bedak putih. Parasit putih ini menyerap lendir ikan koi. Dalam periode waktu lama, badan ikan koi jadi kurus serta pada akhirnya dapat mati.

Penyembuhan penyakit bintik putih pada ikan koi

Perlakuan bintik putih termasuk tidaklah terlalu susah. Umumnya penyembuhan dikerjakan dengan meningkatkan suhu air kolam dikit diatas suhu air kolam umumnya. Lantas memberikan Metheline blue ke air kolam dengan ukuran 0,5 gr per 1 ton air.

jual ikan koi jakarta

Ini ialah langkah menangani bintik putih yang efisien mengobati penyakit serta membunuh parasit white spot.
2. Penyakit koi kapas putih

Type penyakit pada ikan ini umumnya menyerang ikan koi yang tengah terluka. Juga bisa muncul sebab air yang kotor. Sebabnya ialah jamur saprolegnia atau lebih diketahui dengan si kapas putih.

Jamur penyakit ini memang suka tumbuh pada kolam yang kotor, sisi luka pada ikan, serta sisa luka. Umumnya luka pada ikan pun seringkali berlangsung sebab gigitan kutu ikan. Ini pula punya potensi tumbuhnya jamur kapas putih.

Penyembuhan penyakit jamur kapas putih

Memakai larutan garam natrium klorida (NaCl) dengan konsentrasi 1,5 persen samap 2,5 persen.
Celupkan ikan koi dalam laruta NaCl
Membersihkan bulu-bulu halus jamur pada badan ikan, pakai kapas yang diolesi obat merah.
Step pada akhirnya, mandikan ikan dengan larutan Monofuracin, untuk bersihkan bekas larutan natrium klorida serta obat merah.

3. Penyakit koi Lernaea

Penyakit ini seringkali juga dikenal dengan penyakit si cacing jangkar. Ini ialah nama parasit serta gampang tampak melekat dibagian luar badan ikan serta insang ikan koi.

Penyakit si cacing jangkar mengisap cairan badan ikan. Ikan koi bisa menjadi lemas serta kurus dalam tempo lama. Bila tidak selekasnya diatasi, ikan akan mati.

Cacing parasit koi ini begitu gampang berkembangbiak. Bila satu koi yang terjangkit cacing ini, ikan koi yang lainnya pada sebuah kolam bisa secara cepat terinfeksi juga.

Perlakuan cacing lernaea pada ikan koi

Jika banyaknya dikit, cacing ini bisa diambil dari badan ikan koi dengan pinset.
Berikan obat merah pada sisa luka yang diakibatkan oleh gigitan cacing ini.
Bila banyaknya banyak serta rata, pengobatannya dapat memakai formalin atau Dephterex.
Mandikan ikan koi yang terserang cacing dengan rata itu ke larutan formalin dengan konsentrasi 25 ppm. Kerjakan saat kira-kira 10 menit.
Ulangilah proses memandikan ikan itu 2 sampai 3 kali tiap-tiap 2 hari.

4. Luka gores

Sering, ikan koi lakukan pergerakan dengan mendadak serta ekstrim. Bila pergerakan tentang permukaan yang tajam, seringkali berlangsung luka gores pada badan ikan koi.

Ikan koi yang melonjak keluar kolam pun seringkali berlangsung memunculkan luka gores.

Bila tidak diatasi, luka gores bisa mengakibatkan infeksi bakteri.

Kerjakan perendaman pada badan ikan koi dalam larutan Monafuracin, kurang saat 4 sampai 5 hari.
5. Penyakit lumpur pada ikan koi

Pemberian pakan yang kebanyakan kandungan protein pada suhu air kolam yang rendah mengakibatkan kulit ikan koi alami iritasi, serta infeksi bakteri pada pembuluh darah. Berikut yang diketahui dengan penyakit lumpur.

Kondisi tidak sehat ini bisa kembali normal bila air ditukar dengan air baru serta bersih.

Supaya kondisi ikan koi bisa selekasnya sembuh, pakai garam dapur konsetrasi 10% untuk merendam ikan koi. Biarlah saat satu jam ikan di air garam.

Langkah lainnya menangani penyakit lumpur ialah memberi pakan ikan koi yang digabung beberapa tetes Merchurochrome serta satu sendok Aureomycin.

Saat proses pengobatan, pakan ikan koi semestinya memakai selada atau kubis. Manfaatnya, kembalikan situasi dari lambung ikan.
6. Jamur batang insang

Seringkali jamur menyerang batang insang pada ikan koi. Mengakibatkan, ikan jadi menyusut nafsu makannya, malas menggerakkan insang, serta malas berjalan.

Situasi kolam yang kotor umumnya mengakibatkan penyebaran jamur jadi lebih cepat. Suhu kolam yang begitu tinggi dapat percepat penyebaran jamur ini. Kondisi akan makin kronis bila pakan yang dikasihkan terlalu berlebih.

Bila ikan terlanjur terserang panyakit ini, jadi penanganannya dengan merendam ikan koi ke larutan yang terbagi dalam kombinasi air, green F, serta Aureomycin.

Formasnyai ialah 10 liter air bersih, 0,1 gr Green F, serta 1 sendoh teh Aureomycin.

Lama waktu perendaman umumnya tercantum dalam paket obat.
7. Penyakit lumpuh pada ikan koi

Kelumpuhan pada ikan koi umumnya diikuti dengan ikan yang berenang miring atau kaku. Bila kondisi telah kronis, pergerakan ikan koi jadi limbung, ekornya bengkok ke atas waktu diam.

Pemicu penyakit ini umumnya ialah sebab keracunan obat-obatan.

Jauhi bahan kimia beresiko serta beracun untuk menahan penyakit ini.
8. Penyakit punggung kurus

Walau dapat berenang seperti biasa, tampilan ikan koi jadi kurang menarik, sebab selama punggung ikan jadi tampak begitu kurus.

Sebabnya, umumnya sebab pengurangan lemak dalam jumlahnya yang banyak pada ikan.

Untuk menahan berlangsungnya penyakit itu dipakai pemberian pakan wortel, vitamin E, chlorella, serta mineral.
9. Cacar ikan koi

Penyakit cacar dikarenakan oleh virus. Diikuti dengan timbulnya bercak berwarna putih yang berlendir. Lendir yang dibuat pancarkan warna putih susu.

Seiring berjalannya waktu, bercak kecil itu akan mengembang jadi merah keabu-abuan.

Meskipun penyakit ini bisa pulih dengan sendirinya, memberi desinfektan pada air kolam bisa percepat prosese pengobatan penyakit pada ikan koi ini.

Leave a Reply