Aerasi Pada Kolam Koi serta Peletakan Aerator yang Benar

Aerasi Pada Kolam Koi serta Peletakan Aerator yang Benar

Aerasi ialah satu proses menambahkan hawa / oksigen di air dengan membawa air serta hawa ke kontak yang dekat, lewat cara menyemprotkan air ke hawa (air ke hawa) atau mungkin dengan memberi gelembung-gelembung halus hawa serta biarkan naik lewat air (hawa ke air). Sumber lainnya menerangkan jika aerasi ialah satu proses atau usaha dalam memberikan konsentrasi oksigen yang terdapat di air kolam, supaya proses oksidasi biologi oleh mikroba dapat berjalan dengan baik.
Dalam lakukan proses Aerasi ini butuh memakai alat yang diberi nama aerator. Prinsip kerja alat ini ialah untuk memberikan oksigen terlarut di air itu. Lalu sebagai pekerjaan penting dari aerator ini ialah jadi besar permukaan kontak pada air serta hawa

Peletakan tempat aerator yang pas pada kolam diduga tidak hanya menyiapkan keperluan oksigen, pun berperan untuk menggerakan air agar kotoran tidak mengendap. Dengan gerakan air ini, jadi kotoran yang ada di sekelilingnya turut tergerak tidak mengendap di tempat tersendiri. Pemasangan aerator sebaiknya menggunaan batu yang membuahkan gelembung oksigen yang lembut. Makin kecil gelembung yang dibuat dalam jumlahnya banyak, makin baik kualitas oksigen yang terlarut di air. Tentu saja ini bisa didapat dengan kemampuan dorongan dari mesin yang berkapasitas besar.
Kedalaman kolam akan punya pengaruh pada daya dorong aerator. Makin dalam kolam jadi desakan airnya tinggi, hingga diperlukan juga aerator yang berkapasitas besar. Untuk kedalaman kolam sampai 1 mtr., dapat dipakai aerator berkapasitas rata-rata 20-40watt, tetapi untuk kedalaman kolam sampai 2 mtr. jadi keperluan aerator mestilah yang mempunyai daya 60-80watt.
Prinsip kerja aerasi ini akan membuahkan gelembung dengan dorongan ke atas, serta menarik arus air dari arah samping serta bawahnya. Makin besar dorongan ke atas, jadi pergerakan yang tercipta pun makin besar. Oksigen terlarut yang dibuat pun makin banyak serta begitu baik untuk keperluan koi serta ekosistem yang tercipta di kolam.

Dengan kualitas aerasi yang baik, ikan jadi lebih fit, sehat bugar tidak gampang terkena penyakit. Koi yang paling disayangi tumbuh dengan baik sebab konsumsi elemen penting dalam kehidupannya tercukupi dengan maksimal. Tentu saja ini ialah idaman dari tiap-tiap penggemar ikan koi.
Oksigen terlarut di air (Disolved Oxygen/DO) kolam Koi bukan sekedar berguna buat ikan koi sendiri tapi berguna juga buat mikroorganisme yang mengurai amonia jadi nitrit serta nitrate. Oksigen bisa didapat dengan alami ataupun dari aerator bikinan yang dipasang pada filter atau kolam.
Kenapa proses aerasi itu penting dibutuhkan di kolam anda? Karena kolam koi ialah satu tempat yang dibuat untuk pelihara koi, pasti sedapat mungkin mirip situasi pada habitat aslinya. Habitat asli koi ialah satu danau yang luas. Walau tanpa aerator, tetapi alam sudah menyiapkan semua keperluan serta memberikan kesetimbangan yang prima buat kehidupan koi.

Sebab permukaan danau yang luas, jadi tingkat konsentrasi oksigen yang larut di air tinggi sekali. Tidak seperti demikian perihal dengan situasi di kolam anda, yang manakah permukaan air yang berada di kolam pasti tidak seluas danau. Oleh karenanya, butuh ditambah lagi aerator yang berperan untuk tingkatkan kandungan oksigen yang terlarut di air kolam anda.
Sistem Aerator kolam koi – oksigen terlarut dalam kolam ikan koi bukan untuk sekedar ikan koi sendiri tetapi pun bermanfaat untuk mikroorganisme yang mengurai anomia jadi nitri dan nitrate.

Leave a Reply