Beragam Penyakit Ikan Koi

Beragam Penyakit Ikan Koi

Ikan koi ialah ikan hias yg di nikmati lantaran keindahan warna tubuhnya. Oleh sebab itu, penyakit yg biasanya menyerang ikan koi bisa menyebabkan kerusakan keindahan warnanya.
Biarpun sesungguhnya pelihara ikan koi itu ringan, tapi mengontrol keindahan warna badan ikan ko, sekalian membudidayakannya ialah pekerjaan yg tidak ringan.
Biasanya, pudarnya warna serta keindahan sisik ikan koi diakibatkan oleh penyakit atau faktorlingkungan yg tidak pas. Sejumlah besar yang memicu penyakit yg muncul serta menyerang ikan koi diakibatkan oleh kotoran.

jenis ikan koi dan harganya
Kotoran yg banyak dapat berlangsung lantaran faces ikan, bekas makanan atau mucus (lender yg tebal).
Dengan alami, mucus itu memiliki fungsi jadi pelindung badan pada ikan koi dari pertalian langsung badan ikan koi dari kotoran air. Tapi, apabila jumlahnya mucus kebanyakan ini bisa menyebabkan jelek pada kebersihan air. Ada kemungkinan lantaran jumlahnya ikan koi kebanyakan. Sampai-sampai mucus berubah menjadi kebanyakan.
Butuh anda mengerti pula kalau ikan koi yg kian tua serta dewasa, dapat membuahkan mucus yg makin bertambah juga.
Air yg kotor bisa membuahkan parasite serta bakteri. Serta ini dia yg memunculkan penyakit pada ikan koi, ketahanan mengalami penurunan lantaran ikan koi berubah menjadi stress. Langkah umum yg kerap dikerjakan untuk bersihkan kolam dari mucus, bakteri serta parasite dengan pergantian air kolam dengan keseluruhan untuk memperoleh air yg bersih kembali.
Baiknya, pergantian air dikerjakan 2 minggu sekali. Atau anda dapat menggunakan langkah yg lain adalah dengan memanfaatkan sistem air mengalir pada kolam, sampai-sampai air kolam tergantikan dengan terus terusan sepanjang ikan koi ada dalam kolam. Sesudah dirasakan air kolam tergantikan serta bersih kembali, pengaliran air bisa di stop.
Beberapa ciri Ikan Koi yg Terserang Penyakit
Semenjak awal butuh dikenali tanda-tanda ikan koi yg terserang penyakit. Umumnya ikan koi yg terserang penyakit punyai ciri-ciri yg beralih dari kebanyakan.
• Lender ikan jadi lebih sebagian dari kebanyakan
• Ada anggota badan yg punyai bercak luka, tanda-tanda busuk, tonjolan yg terlihat di luar.
• Ikan koi condong menyendiri
• Lebih pasif dengan tanda-tanda lebih dikit menggerakkan sirip
• Sirip dirapatkan ke bagian tubuh
Nah, apabila anda memandang tanda-tanda sesuai itu, jadi anda dapat menangkapnya untuk menyaksikannya dengan lebih terperinci check sisi insangnya serta simak adakah yg luka, membusuk atau tonjolan kecil.
Perlakuan pertama pada koi yg terindikasikan terserang penyakit
• Segera mungkin kerjakan isolasi pada ikan yg terserang penyakit. Pindahkan pada akuarium/ember/kolam dengan terpisah, untuk menahan peluang penyebaran pada ikan lain yg masih sehat
• Usahakan mengontrol temperature air tempat isolasi ikan koi masih konstan
• Lakukan aerasi adalah dengan memberikannya oksigen yg cukuplah memanfaatkan pompa hawa

Leave a Reply