Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah

Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah tidak banyak berlainan dengan budidaya ikan yang lain. Ikan koi memerlukan air yang sehat jadi tempat hidupnya. Jadi satu diantara ikan yang popular serta diketahui oleh warga luas. Berternak koi ini dapat dikerjakan dengan hobby atau bila dikerjakan dengan serius dapat jadi kesempatan usaha yang cukuplah menjanjikan. Ikan koi termasuk juga dalam kelompok ikan hias yang memerlukan nutrisi berkualitas baik untuk pemeliharaannya.

jual ikan koi jakarta
Ketentuan Lingkungan Hidup Ikan Koi
Langkah budidaya koiyang baik pertama kali anda harus memerhatikan lingkungan ikan, lingkungan hidup koi berbagai macam serta bergantung dari alat mana yang diambil dapat aquarium, bak semen, kolam, bak filter. Hal paling penting yang perlu dilihat ialah kebersihan serta situasi keadaan ternak ikan yang terbangun. Dengan air yang baik karena itu keberlangsungan hidup koi lebih terjamin. Air yang dipakai untuk ternak ikan tidak bisa memiliki kandungan zat beresiko atau bahan kimia yang dapat menganggu keberlangsungan hidup ikan. Bekas pakan kadang jadi zat beresiko buat ikan, ini karena disebabkan terdapatnya amoniak. Jika sisa-sisa itu dilewatkan saja, pasti menumpuk serta menyebabkan fatal pada ikan. Untuk menangani hal itu umumnya ditambah lagi filtrasi untuk menyaring air, atau dapat dihindari lewat cara ganti air kolam dengan periodik.
Menjaga Larva Koi
Menjaga larva koi adalah sisi penting dalam ternak ikan. Menjaga ikan dari menetas s/d dewasa adalah rangkaian proses yang membutuhkan ketelatenan dan kehati-hatian. Sesudah memperoleh lingkungan yang baik untuk budidaya ikan, ada pula banyak hal lain yang perlu dilihat.
Pada awal koi menetas, ikan ini masih bawa cadangan makanan yang di bawa serta dari induknya (sebelumnya melalui telur ikan). Untuk 2-3 hari pertama sesudah penetasan cadangan makanan itu masih cukuplah, hingga tak perlu dikasih pakan. Di hari ke-3 mulai dikerjakan pemberian makanan, yakni berbentuk kuning telur rebus atau juga bisa datang dari kutu air. Masuk hari ke sepuluh, koi telah makin bertambah besar serta siap untuk dikasih makanan seterusnya, yakni cacing sutera. Pada rawan dengan pergantian lingkungan khususnya yang dikarenakan oleh air hujan. Dapat anda budidaya koi di halaman rumah janganlah membiarkan koi anda kehujanan.
Persiapan Pembuatan Kolam Tanah
Persiapan untuk budidaya koi dengan kolam tanah mencakup persiapan tempat kolam, persiapan material kayu atau bamboo untuk pagar serta persiapan piranti simpatisan,. Tempat yang butuh disiapkan sesuai dengan kondisi serta jumlahnya koi yang akan dijaga. Untuk dapat dipakai tempat dengan ukuran 2 x 1 x 0,6 mtr. yang dapat berisi 100 ekor koi ukuran 5-7 cm. mode pembuatan kolam dapat dengan menggali tanah lalu dikasih pagar atau mungkin dengan membuat rangka dari kayu yang lalu dikasih pembatas.

Leave a Reply