Mengetahui Jenis Pohon Kelor

Mengetahui Jenis Pohon Kelor

Pohon kelor atau Moringa salah satu tanaman yang mempunyai banyak faedah. Yang terpopuler ialah daunnya. Beberapa orang yang manfaatkan daun kelor untuk obat. Dari mulai obat reumatik s/d kanker. Tetapi nyatanya, tidak cuma daun kelor saja yang mempunyai banyak manfaat. Sisi lain pohon kelor mempunyai banyak manfaat yang dapat digunakan oleh manusia. Contohnya saja, sisi bunga serta kuncup bunga kelor yang mempunyai wangi ciri khas seringkali dipakai jadi bahan baku minyak wangi.

Pohon kelor yang umum dibudi daya ialah pohon kelor yang mempunyai biji berwarna cokelat. Yakni type pohon kelor Moringa oleifera. Tetapi nyatanya ada dua type pohon kelor yang umum ditanam. Yakni Moringa oleifera serta Moringa stenopetala. Apa ketidaksamaan di antara dua type pohon kelor ini?

Moringa oleinfera
Moringa oleifera ialah pohon kelor yang paling umum diketahui serta dibudi dayakan. Pohon kelor type ini mempunyai biji berwarna cokelat serta bersayap. Diluar itu, bentuk biji Moringa oleifera berupa bulat.

Type pohon kelor ini semakin banyak dibudi dayakan sebab bertambah cepat sampai waktu panen dibanding dengan type pohon kelor yang lain. Pohon kelor type Moringa oleifera bisa dipanen semenjak usianya setahun. Untuk mempermudah panen, Anda dapat jaga agar pohon kelor tidak tumbuh begitu tinggi. Dengan demikian, daun serta polong pohon kelor semakin lebih dapat dijangkau serta gampang dicapai.

Moringa stenopetala
Type pohon kelor yang lain ialah Moringa stenopetala. Walau berlainan nama ilmiah, tetapi bentuk pohon kelor M. oleifera serta M. stenopetala condong seperti. Akan tetapi berlainan di bentuk bijinya. Biji M. stenopetala mempunyai bentuk seperti almond waktu telah keluar dari cangkangnya. Serta warnanya bukan cokelat, tetapi cukup kekuningan.

Pohon M. stenopetala mempunyai bentuk yang sama juga dengan M. oleifera. Tetapi, bila Anda merencanakan menanam pohon kelor untuk dikonsumsi daunnya saja, M. stenopetala lebih pas jadi pilihan. Sebab pohon kelor type ini mempunyai daun yang lebih lebar dan bertambah cepat tumbuh serta membuahkan daun.

Nah, mana type pohon kelor yang lebih sesuai keperluan Anda?

Leave a Reply